Senin, 25 Juli 2011

RUMAH TEMPAT MENYIMPAN

1. SEPEN
  
Dalam ruangan belakang terdapat ruangan khusus yang digunakan untuk untuk menyimpan barang keluarga yang tidak dipisah dengan bangunan tepat tinggal. Tempat ini juga digunakan untuk menyimpan barang rusak ( abrak ).

2. LUMBHUNG


Tempat menyimpan padi agar tidak terkena kelembaban udara dan  serangan  tikus yang terletak disebelah kiri rumah. Sedangkan yang sudah berbentuk beras dimasukkan kedalam tabung besar yang terbuat dari bambu. Lumbung ini terbuat dari empat buah Saka ( Tiang ) setinggi ± 2 m, dan untuk memasukkan beras harus menggunakan tanggadisebelah Lumbung.

3. KANDHANG


Kandhang adalah tempat untuk tinggal / menyimpan hewan. Untuk hewan jenis lembu / kerbau dan kuda biasanya terletak disebelah kiri rumah. Sedangkan untuk hewan jenis ayam, itik, dsb terletak dibelakang rumah. Kandhang ini berbentuk persegi panjang dengan 9 buah tiang menahan atap dimasukkan bambu / kayu melintang horizontal sebagai pengaman agar binatang tidak lepas. Pada zaman dahulu orang meletakkan benda – benda yang bersifat rahasia seperti perhiasan di kandhang, karena bila ada pencuri masuk kandhang ternak akan gelisah dan bersuara sehingga pencurian akan batal.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar